Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Pantai Sousu merupakan salah satu pantai yang indah di kabupaten wakatobi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Pantai ini terletak di desa Matahora kecamatan wangi-wangi selatan, berjarak kurang lebih 15 Km dari pusat ibu kota.

Salah satu project Laser Indonesia di wakatobi adalah dibangunnya Landmark RTP Pantai Sousu, landmark tersebut ditujukan untuk menjadi ikon dari tempat ini. Awal mula pantai ini hanya pemukiman warga biasa, kemudian dibangun fasilitas modern oleh Kementrian PUPR pada tahun 2018.

Direncanakan dengan pendekatan parametrik, yaitu sebuah proses yang didasarkan pada pemikiran algoritmik yang memungkinkan ekspresi parameter dan aturan yang secara bersama-sama mendefinisikan, menyandikan dan memperjelas hubungan antar informasi geometri secara digital dari proses perancangan hingga pre fabrikasi digital.

 

Tahun Pekerjaan : 2018

Pelaksana :Kementrian PUPR

Alamat : Jl. Raya Waha, Sombu, wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93791

 

 

Fasad Landmark 

 

Bentuk landmark ini terinspirasi dari dua analogi dasar. Pertama, adalah bentuk layar sebuah material tensil yang berfungsi menangkap angin di kapal/perahu. Layar memiliki asosiasi langsung dengan kehidupan maritim di kepulauan Wakatobi. Dan kedua, Wakatobi yang dikenal sebagai habitat dari ikan singa bagian dari habitat laut Indo-Pasifik. Artikulasi garis pada tubuhnya dapat menjadi ekspresi potensial untuk diterapkan pada fasad Landmark.

Diciptakan dengan metode fabrikasi dengan teknik laser cutting untuk menjamin kepresisian konstruksi. Menggunakan material metal untuk rangka, panel penutup dan plat dasarnya.

 

Fasad Landmark di Malam hari

 

 

 

 

Detail Laser Cutting

 

 

 

41 Likes   1 Comments  
28 Likes   0 Comments  
33 Likes   0 Comments  
39 Likes   5 Comments  
63 Likes   1 Comments  
41 Likes   0 Comments  
38 Likes   5 Comments  
18 Likes   0 Comments  
31 Likes   2 Comments  
22 Likes   4 Comments