Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

Laser Indonesia memperkenalkan laser cladding: proses pelapisan tambahan maupun penambahan daging/material pada bahan dasar logam dengan logam lainnya seperti inconel, stellite, SUS316, tungsten carbide dll untuk menghasilkan permukaan yang lebih baik.

Proses pelapisan dengan laser ini sangat bermanfaat untuk menambah kekuatan material dasar terhadap abrasi maupun korosi. System kami bahkan dapat dimobilisasi ke berbagai lokasi di seluruh Nusantara.

Bahan Lapisan yang Tersedia

 

  • Stellite 6 (3mm max. thickness)
  • Stellite 12
  • Inconel 625
  • Tungsten Carbide NiCrSiN CTC 40/60
  • Rockit 401 - FeCrNiMo
  • 316 Stainless Steel
  • 420 Stainless Steel
  • 431 Stainless Steel
  • Aluminium (Bentuk rod)

 Preparation to clad internal diameter

Prinsip Kerja Laser Cladding

Pancaran cahaya laser melelehkan permukaan bahan dasar dan serbuk yang disemburkan ke arah bahan dasar menyebabkan menyatunya kedua bahan tersebut. Persenyawaan ini bersifat metallic bonding.

Proses Laser cladding menggunakan cahaya laser dengan profil tophat untuk melelehkan permukaan base material secara terkendali dan dalam waktu yang sangat singkat. Pada saat yang sama, 3 nozzles co-axial(poros yang sama) menyemburkan serbuk metal yang juga juga meleleh saat memasuki axis pancaran cahaya laser, sebelum bersentuhan dengan permukaan yang juga sedang dalam keadaan cair.

Pada saat kontak, di mana serbuk dan permukaan berada dalam fasa cair, terjadi proses fusi metalik yang kuat dan permanen.

Saat pancaran sinar laser sudah berpindah posisi, permukaan fusi kemudian mendingin dan membeku kembali. Selama proses laser cladding berjalan dengan sangat cepat, gas inert seperti Argon atau Nitrogen digunakan untuk menghantar serbuk dan juga melindungi permukaan dari oksidasi yang berlebihan.

Proses ini dapat dijalankan terus menerus untuk mendapatkan lapisan yang menutupi seluruh permukaan maupun bentuk permukaan spesifik di object seperti pipa, plat maupun komponen 3 dimensi.

Jika dilakukan secara vertikal, proses laser cladding dapat menghasilkan lapisan-lapisan yang tebal dan berbentuk apa saja seperti printer 3D dengan bahan metal. 

Laser Cladding juga sering disebut sebagai Directed Metal Deposition (DMD) atau Laser Metal Deposition (LMD) dan merupakan alternatif bagi proses High Velocity Oxygen Fuel (HVOF) Coating.

Di mana lapisan yang lebih keras dilapis ke permukaan bahan dasar yang relatif lebih lembut, proses ini juga dapat disebut sebagai proses hardfacing. Laser cladding juga dapat menjadi alternatif bagi proses welding atau pengelasan biasa, di mana kita perlu menghindari panas yang berlebihan yang dapat mendistorsi atau merusak karakter metal bahan dasar kita.

 

 

Teknologi yang Canggih dan Terpercaya

Pengendalian laser cladding di Laser Indonesia dilakukan dengan lengan robot 6-axis KUKA + positioner 2 axis. Berarti, kita dapat melapis berbagai bentuk yang kompleks dengan cara yang konsisten dan terkendali. Di samping itu, kami juga dapat membawa peralatan kami ke berbagai lokasi pilihan Anda untuk mengerjakan object kerja yang besar dan susah untuk dipindahkan, seperti turbin pembangkit listrik.

Laser Source yang kami gunakan adalah fiber delivered diode laser sebesar 4000w dari Coherent. Inc buatan Jerman yang sudah terkenal sebagai mesin kerja industrial yang handal, dipadukan dengan kepala cladding co-axial 3 axis yang mampu melapis hingga kelebaran 3mm dan ketinggian 1.5mm per track.

 

Teknologi Canggih dengan Mobilitas Tinggi 

System Laser Cladding kami dapat bekerja di berbagai lokasi di Indonesia. Dengan system yang dirancang untuk berpergian ke berbagai tempat dengan cepat, kami dapat memenuhi kebutuhan laser cladding Anda di mana saja, selama dapat diakses dengan truk dan memiliki sumber listrik yang cukup dan bagus. Team kami telah berpengalaman dalam bekerja di berbagai lokasi dan terampil dalam bidang kami.

 

 

 

 

Hasil Laser Cladding dengna bahan Rockit 401

Hasil cladding dengan bahan Rockit 401 (HRC 50-54)

 

Permukaan hasil Cladding dengan bahan stellite 6. 

 

Close-up hasil yang sama dengan stellite 6

Close-up hasil yang sama dengan diatas dengan bahan stellite 6, namun dari angle yang berbeda.

 

 

Tebal cladding 2mm pada bahan dasar pipa tebal 2mm. Terlihat jelas batas pertemuan bahan dasar dan cladding dengan dilution yang sangat rendah.

 

Lapisan cladding setebal 1mm di bahan dasar 8mm.

 

Laman Webpage ini masih dlam proses pengembangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai laser cladding dan bagaimana Laser Indonesia dapat membantu Anda, silahkan hubungi kami di +62(812)563/2349 ataupun e-mail ke info@laserindonesia.com.