Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

PT Laser Indonesia ikut berkontribusi dalam Pameran Artjog MMXIX tahun 2019 yang diselenggarakan di Jogja National Museum dan secara langsung diresmikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrawati. Pameran Artjog tersebut bertemakan “Common Space” karya-karya seniman yang dipajang mengangkat persoalan tentang alam dan lingkungan hidup, diselenggarakan dari tanggal 25 Juli - 25 Agustus 2019 yang melibatkan 39 seniman kontemporer, bukan hanya dari seniman nasional namun juga melibatkan seniman dari mancanegara, seperti Australia, Filipina dan Singapura. Salah satu diantaranya adalah seniman Teguh Ostenrik. 

Seniman Teguh Ostenrik terkenal dengan karya patung dan instalasi, sebagian besar karyanya berkembang dari kepeduliannya terhadap lingkungan dan rasa hormatnya pada alam. Mulai dari kecintaannya pada seni dan laut, mendorong keinginannya untuk menciptakan “Instalasi bawah laut”. Sejak tahun 2013 ia memulai sebuah proyek pertamanya yang diberi nama “terumbu buatan” bekerja sama dengan sejumlah ahli biologi kelautan dan pengasuh terumbu karang yakni yayasan terumbu rupa yang bergerak dibidang restorasi terumbu karang dengan menggunakan instalasi seni sebagai media pertumbuhan koral. Secara khusus ia mendesain patung-patungnya sebagai media untuk menumbuhkan karang. Beberapa tahun terakhir Teguh Ostenrik lebih banyak disibukkan dengan karya instalasi besi yang ditanamkan di bawah laut.

Teguh Ostenrik bekerja sama dengan PT Laser Indonesia Multiteknik, dengan latar belakang laser cutting kami  yang diberi nama “Daun Khatulistiwa” (Domus Frosiquilo) dan ornamen daun khatulistiwa atau pemetaan video 3D. Hasil cutting oleh Laser Indonesia tersebut dipajang di pameran Artjog MMXIX tahun 2019. Daun khatulistiwa atau domus frosiquilo yang disajikan dalam pameran ini adalah terumbu buatan kesembilan teguh, yang rencananya akan ditenggelamkan ke wilayah pesisir jikomalamo, ternate, maluku utara sebagai wujud komitmen melestarikan ekosistem bawah air. Menyerupai scape dari kubah, instalasi yang dibangun dari modul konstruksi besi yang bentuk dasarnya dikembangkan dari anatomi daun jati (tectona grandis). Pola anatomi daun jati sendiri memiliki makna mendalam yakni sebagai penghasil oksigen untuk menunjang kehidupan.

 

Hasil Laser Cutting kami “Daun Khatulistiwa” (Domus Frosiquilo).

Photography by : @hadi.gino

 

Ornamen Daun Khatulistiwa (Pemetaan Video 3D)

Photography by : @hadi.gino

 

Foto by : @hadi.gino

Menteri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrawati bersama Bapak Teguh Ostenrik di acara Pameran Artjog MMXIX 2019. Acara tersebut secara langsung diresmikan oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati di Jogja National Museum, kehadiran Ibu Sri Mulyani di festival Seni Kontemporer Artjog menambah ramai suasana, selain itu kehadirannya dalam artjog adalah simbol dari usaha pemerintah untuk menunjukkan komitmen mereka dalam memelihara kebudayaan.

 

Kami bangga karena menjadi bagian dan turut serta berpartisipasi dalam festival seni kontemporer yang mendukung pelestarian alam. Kami berharap Laser Indonesia dapat terus memberikan kontribusi instalasi yang artistik dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

41 Likes   1 Comments  
28 Likes   0 Comments  
33 Likes   0 Comments  
39 Likes   5 Comments  
63 Likes   1 Comments  
41 Likes   0 Comments  
38 Likes   5 Comments  
18 Likes   0 Comments  
31 Likes   2 Comments  
22 Likes   4 Comments